[Sin] 3D2N - Things to do #WhenInSingapore part 1

12:06 pm

Melanjutkan postingan Holiyay! yang ini, cerita #WhenInSingapore sepertinya akan terbagi jadi beberapa part karena terlalu panjang kalau dijadikan satu hehe.. Postingannya bakal aku pisah jadi beberapa poin. Pertama, apa aja yang dilakuin di Singapore; kedua, destinasi wisata; ketiga, akomodasi selama mengelilingi kota; keempat, makan dan oleh-oleh. I think that's enough. Less and more, I'll think later. So let's get start!

Seperti judulnya, aku menghabiskan 3 hari 2 malam di Singapore. Berangkat dari Malaysia, naik bus Star Mart Express. Bus berangkat jam 10 pagi dan memasuki wilayah Singapore jam 4 sore. Tapi jam 4 sore ini baru sampai di imigrasi ya! Sejam ada di imigrasi karena waktu itu rame banget, antriannya penuh. Setelah diperiksa, balik ke bus dan lanjut perjalanan ke drop point, yakni di Golden Mile Complex/Tower. Drop point masing-masing bus pasti beda-beda, bahkan Star Mart Express juga punya tujuannya beda pula. Alasan milih turun di sana karena paling dekat dengan jalan menuju penginapan, jalan kaki sekitar 15-20 menit. Waktu itu bener-bener jalan kaki karena belum punya kartu MRT.

Kurang lebih jam setengah 6 sampai di sana. Hawanya bener-bener hangat. Langit masih cerah dan jalanan belum ramai jadi enak buat jalan kaki.


Syed Alwi Rd
Jalan Sultan


Note
S$1 = Rp10,800 (September 2018)

Tempat Tinggal
Selama dua hari, aku nginep di New Society Backpacker Hostel--masih booking via Traveloka. Hostel ini nggak di pinggir jalan besar, tapi sekelilingnya banyak tempat makan, 711, tempat hiburan, dan MRT (Jalan Besar MRT dan Farrer Park Station). Waktu itu sih dua orang dapet harga Rp250.000/malam. Murah kan? Dan kalian harus tau, hostel ini bener-bener bersih! Bersih sebersih-bersihnya. Pertamanya ngira bakal kotor atau biasa aja, secara hostel kan yang sekamar dihuni beberapa orang campur. Tapi nyatanya enggak. Kalau kalian ke Singapore, aku rekomen buat nginep di sini!


New Society Backpackers, tampak depan

Destinasi

Ada beberapa destinasi wisata yang aku kunjungi selama tiga hari di Singapore, kebanyakan wisata-wisata mainstream. Dalam sehari, destinasi wisata yang bisa dikunjungi sekitar 5 tempat. Berikut aku kasih list dan ngapain aja di sana, detail lengkapnya bakal aku bikin postingan khusus.
  1. Gardens by The Bay. Rekomendasi wisata pertama dari aku kalau kalian ke Singapore! Taman besar dengan vertical garden yang tinggi bangeeeet. Ada beberapa area wisata kayak taman bunga, konservatori, dan skyway. Kalau malam, ada pertunjukan dari Supertree nya dan itu b a g u s b a n g e t! Bener-bener cantik! 
  2. Chinatown. Distrik dengan suasana China yang kental banget, dari ornamen bangunan, pernak-pernik, dan hiasan sepanjang jalan. Di sini bisa berburu oleh-oleh murah dan cemal-cemil di kedai sepanjang pinggir jalan.
  3. Clarke Quay. Kalau ini semacam pusat tempat nongkrong dan minum-minum di Singapore. Di waktu tertentu biasanya ada event. Bisa nikmati boat juga.
  4. Orchard Rd. Pusat perbelanjaan yang lengkap banget. Mau cari barang murah sampai mahal bisa ditemuin di sini.
  5. Haji Lane. Tempat ini berada di posisi kedua wisata rekomendasi dariku kalau berkunjung di Singapore. Distrik mural yang keren. 
  6. Merlion Park. Ya kalau ini wajib sih~
  7. Marina Bay Sands. Ini juga wajib dikunjungi kalau ke Singapore. Sebenernya bukan destinasi wisata, karena tempat ini hotel. Tapi kalau mau sekedar tengok dan foto ya sabi.
  8. ArtScience Museum. Tempatnya sih nggak segede yang dibayangin, tapi atraksinya bagus dan sesuai namanya banget.
  9. Bugis Street. Kalau mau nikmatin jajanan atau street food, di sini banyak banget pilihannya dan harganya murce sekali.
  10. Universal Studios. Ini juga rekomen. Banyak banget area wisata yang bisa dikunjungi. Saran sih seharian gitu kalau mau ke sini karena masing-masing atraksinya rata-rata antri 30 menitan.

Makan
Fyi, agak susah nemuin tempat makan yang sedia nasi. Restoran fastfood pakai kentang. Yang gampang ditemuin di sana adalah mie karena chinesse food ada dimana-mana. Tapi nggak berarti nggak ada tempat makan yang jual nasi. Biasanya di foodcourt atau cafetaria ada yang jual nasi.

Beberapa tempat makan juga nggak kasih tau kalau lauk yang dijual itu babi. Untuk muslim, kalian harus nanya. Atau kalau mereka jual selain babi, ada tempat makan yang masaknya jadi satu wajan aja. Jadi dari kita sendiri yang harus mastikan. Kalau mau gampang, makan di McD karena di sana mereka punya sertifikat halal.

Soal harga, selama makan di sana rata-rata S$5 sekali makan. Bisa dapet makanan yang lebih murah kalau makan makanan Melayu atau India dengan harga S$2-S$3.

What should we have?
  • Provider Singapore. Dibanding Malaysia, provider Singapore lebih murah. Selama di sana, aku pakai StarHub Travel Sim Card. Bisa beli di 711, harganya S$12 dapat 100GB dan berlaku 7 hari. Aku pilih ini karena paling murah dan sinyalnya stabil, 4G+.
StarHub Travel Sim Card
  • MRT Card. Karena nggak seberapa sering pakai MRT dan destinasi selama sehari nggak lebih dari 10, aku pakai EZ-Link. Belinya juga di 711, harganya S$10; saldo S$5 dan harga kartunya S$5. Bisa top-up juga di sini, minimal S$10.
EZ-link Card
  • Stop kontak Type G
  • Tumbler
  • Tiket wisata (siapin dalam bentuk print juga karena ada beberapa wisata yang nggak nerima e-ticket)
  • Obat pribadi, salonpas juga bisa bawa karena di sana lumayan mahal harganya.
  • Tisu basah. Toilet di Singapore nggak ada semprotan air.

You Might Also Like

0 komentar