[Sin] 3D2N - Take me to Gardens by The Bay again! #WhenInSingapore part 2

2:13 pm

Hola!


#WhenInSingapore part 2 akan bahas lebih detail destinasi wisata yang aku kunjungi dan apa aja yang bisa dilakuin di sana. Beberapa di antaranya wajib banget dikunjungi kalau kalian ke Singapore. Aku juga bakal share akses atau MRT terdekat di masing-masing tempat wisata supaya kalian ada gambaran untuk transportasinya. Wisata-wisata berikut aku kunjungi karena ikonik dan menarik perhatianku. Ada wisata gratis dan berbayar ya! So here we go..


Note

S$1 = Rp 10,800 (September 2018)



Clarke Quay
Sebenernya Clarke Quay tergolong ke dalam tempat hiburan elite. Kenapa? Karena di sini kalian bakal nemuin cafe dan bar minuman yang banyak banget macemnya. Kalau mau berkunjung ke sini, alangkah baiknya saat malem hari karena atmosfirnya hidup banget.

Rame?

Iya.

Seru?

Ya kalau suka sama tempat hiburan cem begini sih seru-seru ae. Suasanya makin hidup karena sepanjang jalan dihiasi lampu warna-warni dan air mancur. Dari luar, kamu bisa liat keramaian dan keseruannya. Makin rame juga kalau ada event. Pas aku ke sana pun lagi bertepatan sama serangkaian acara F1, ada nobar racing sama konser. Kebayang nggak sih ramenya gimana..

Masing-masing kedai atau cafe punya pertunjukan sendiri, kayak live music atau nobar. Nggak semua emang, tapi tetep rame banget jadinya. Makanan dan minumannya juga beragam, mulai dari western, chinesse food, dan khas timur tengah juga ada.

Selain cafe, kamu juga bisa naik boat buat nikmati Singapore River Cruise. Kalau 'iseng' sih naik aja. Loh kok iseng? Iya, soalnya tiketnya mahal sekitar S$25-30. Rute kelilingnya dari Clarke Quay-Marina Bay-Merlion Park dengan didampingi guide. Tapi dengan harga segitu, menurutku kalian bisa nikmatin pemandangan atau wisata lain dengan gratis, jadi nggak harus pakai perahu.

Singapore River Cruise route
Akses ke Clarke Quay tergolong mudah karena deket sama beberapa MRT Station, kayak Clarke Quay MRT, tinggal jalan kaki 5 menit; Fort Canning Station, tinggal jalan kaki 5 menit; dan City Hall MRT, tinggal jalan kaki 10 menit. Bus juga ada, kalian tinggal naik bus nomor 54 kalau dari Scotts Rd atau 32 sama 195 dari City Hall MRT Station dan bakal turun pas di depan Clarke Quay.
opposite with Clarke Quay Central Mall
Singapore River Cruise
Clarke Quay, Singapore (15/09)
More information about Clarke Quay click here.


Merlion Park - Marina Bay Sands
Nah ini nih! Salah satu tempat wajib didatengin kalau ke Singapore karena nggak afdol kalau belum foto di Patung Singa yang ikonik banget. Tentunya ya kalau ke sini antara pagi-siang karena pasti cerah dan hawanya lebih sejuk. Kalau mau foto juga lebih keliatan kan? Wisata ke Merlion Park gratis, kecuali kalau melipir ke cafe di sekitarnya. Spot foto terbaik ter-mainstream ada di jembatan. Tapi bisa dari segala sisi juga kok karena di spot itu jelas ramenya. Kalau mau lebih deket lagi ya di bawah patungnya juga bisa, sambil duduk-duduk ngeliatin boat.

Kawasan Merlion Park cukup luas, di sini kamu nggak cuman bisa foto sama Si Patung Singa, tapi bakal ngeliat Hotel Marina Bay dan ArtScience Museum dari jauh. Karena hawanya sejuk, betah kalau mau lama-lama sambil duduk-duduk di bawah pohon. Kalau nggak salah, ada penyewaan sepeda juga, tapi ya rute muternya jadi nggak luas.

Marina Bay Hotel and ArtScience Museum, taken from Merlion Park
Merlion Park, Singapore (16/09)
Ada beberapa wisata lain di sekitar Merlion Park, seperti Esplanade Park, Helix Bridge, Spectra, Singapore Flyer, The Fullerton Monument, Museum Peradaban Asia, National Gallery, dan wisata sejarah lainnya. Sebenernya waktu itu mau ke National Gallery juga, tapi nggak jadi karena baru perjalanan dari Malaysia cukup lama. Padahal udah beli tiketnya 😢 Parahnya lagi pas mau ke Esplanade Park ternyata akses dari Merlion Park ke sana dan Helix Brigde ditutup buat persiapan F1. So sad..

Tapi tetep wajib sih ke Merlion Park.


Kalau naik MRT, kalian bisa turun di Raffles Place MRT lalu jalan kaki ke arah Fullerton Rd. Tenang, ada maps.

Merlion Statue
Merlion Park, Singapore (16/09)
More information about Merlion Park click here.


ArtScience Museum
ArtScience Museum juga tergolong bangunan ikonik di Singapore. Lokasinya ada di area Marina Bay. Sesuai namanya, museum ini memadukan unsur science dan seni yang bisa kalian liat pada exhibitions yang ditawarin. Dari luar, bangunan museumnya berbentuk bunga teratai yang lagi mekar. Ada kolam kecil di depannya yang dihiasi bunga teratai.
ArtScience Museum Singapore
ArtScience Museum Building
Lotus Pond, ArtScience Museum Singapore
ArtScience Museum Singapore juga diorganisir sama pengelola yang sama dengan museum-museum dari beberapa negara kayak British Museum and Science Museum di London, The American Museum of Natural History di New York, The Biblioteca Ambrosiana di Milan, The Mori Art Museum di Tokyo, dan The Australian Centre for Moving Image di Melbourne.

Jam operasinya sendiri mulai pukul 10.00-19.00 tiap harinya.


Tentunya nggak gratis masuknya. Waktu itu harga tiketnya sekitar 148k dan belinya bisa via Traveloka. Harga tiketnya beda-beda ya gengs, nyesuaikan kalian mau masuk di exhibitions yang mana. Kalau aku ke Future World dan Digital Light Canvas. Dua exhibitions ini permanen (cmiiw), lainnya nggak jadi ada session nya gitu. Waktu aku ke sana, ada Marvel Studios, Wind Walker: Theo Jansen's Strandbeest, Madame Tussauds; harga tiketnya juga beda-beda ya. Jangan lupa cek pameran dan tema apa yang lagi berlangsung.


Saat masuk ke gedung, kalian diharuskan turun ke B2 dan bakal langsung ketemu sama ticketing. Kalau udah beli tiket online, tinggal tunjukkin aja tiketnya ke petugas dan akan diarahkan ke area sesuai yang kalian pilih. Di sana juga ada macam-macam merchandise yang bisa dibeli. Harganya sih standar, nggak mahal karena merchandisenya emang beneran bagus.

Museum Shop
Dinding di area lobby museum ini dihiasi quotes seputar art and science dari ilmuwan dan seniman dunia. Nah! Exhibitionsnya berada di balik dinding itu tadi.
Lobby ArtScience Museum Singapore
Kalau ke sini, aku rekomen banget untuk session Future World karena sungguh-sungguh keren! Kalian bakal masuk sebuah studio yang udah dibagi beberapa part dan cuman dipisahin sama tirai item. Perpaduan seni dan teknologi di Future World bener-bener mencerminkan nama museumnya sih.
Future World Gate
Future World Exhibitions
Future World Exhibitions
Kurang lebih ada 10 bagian di Future World. Masing-masing bagian kalian bisa nikmatin pameran seni yang diaplikasikan di LCD besar; mulai dari lantai, dinding, sampai langit-langit bangunannya. 
Future World Exhibitions
Kalau nginjak, lantainya bakal ngerespon dengan munculin burung-burung dan bunga
Future World Exhibitions
Museum ini juga ngajarin kita buat berkreasi, ada spot untuk mewarnai. Gambarnya mereka siapin di kertas gambar. Macem-macem; ada ikon museum, bunga, gambar-gambar bangunan, dan gambar beberapa part di Future World. Nggak perlu takut berebut crayon, setiap meja bakal disediain crayon yang warnanya lengkap, jumlah masing-masing warnanya juga seabrek.
Drawing and colouring in here it's free!
Spot untuk mewarnai banyak jadi nggak perlu berebut
Oh iya!

Tadi aku kasih tau kalau packagenya ke Digital Light Canvas juga. Exhibitions Digital Light Canvas nggak di dalam gedung museum, tapi di shopping mall yang letaknya pas banget di depan ArtScience Museum. Awalnya ngira kalau 'bentuknya' sama kayak Future World, ternyata salah besar :)


Nggak dibagi jadi beberapa ruang, tapi cuman satu dan di dalem tengah mall. Sebelumnya udah sempet liat-liat di google, bentuknya seperti ini eh pas ke sana begini.

Digital Light Canvas
Digital Light Canvas
Sepertinya, aku ke sana di waktu yang nggak tepat jadi digital canvasnya masih belum nyala (?). Ke sana waktu siang sih, sekitar jam 10-an. Karena teman aku pas ke sana, dia bisa liat digital canvas seperti yang di google 😭 Ya sudah lah ya, mau begimana lagi. Tetep terbayarkan kok sama Future World-nya.

Aku juga rekomen museum ini buat kalian kunjungi. Apa yang kalian liat dan nikmatin di sini sebanding bahkan lebih worth dibandingkan harga tiketnya.


Kalian bisa ke ArtScience Museum dengan naik MRT turun di Bayfront Station. Bisa juga turun di Promenade Station, Marina Bay MRT, atau Raffles MRT, tapi jalannya lebih jauh. Kalau dari Promenade Station ke ArtScience Museum, kalian jalan lewatin Helix Bridge. Naik bus juga bisa, kalian tinggal cari bus ke Bayfront Avenue.


More information about ArtScience Museum click here.



Gardens by The Bay

Uwaw!

This place is so beautiful! Nggak boong!


Awalnya ngira biasa aja sih, ya cuman taman gede dan ada pohon-pohon tinggi. Ternyata ku salah gengs. Jadi, aku ke Gardens by The Bay malam hari sekitar jam 6-an. Masuknya gratis, kecuali kalian mau naik ke Skyway, bayar sekitar 180-200k/orang. Jam segitu rame banget, pas weekend juga ke sananya. Di pintu masuk, kalian langsung ketemu sama petugas-petugas yang bakal ngarahin kalian. Mau nanya juga boleh. Ada papan peta area Gardens by The Bay juga. Karena areanya bener-bener luas, petanya jadi sedikit membingungkan nggak sih ini karena aku nggak bisa baca peta aja. Seperti kataku, jangan sungkan buat nanya, petugasnya bakal kasih tunjuk jalan yang lebih cepet dan mudah kalian lewati sesuai mau ke area mana.

Gardens by The Bay maps
Kalau aku langsung ke Supertree (no. 6) karena kayak pusatnya gitu nggak sih (?) Maksudnya, yang ikonik kan Si Supertree ini #yha

Karena ini taman, jadi sepanjang jalan dihiasi beragam jenis tumbuhan dan ada patung-patung lampionnya. Dari pintu masuk ke Supertree, kalian bakal ngelewatin jembatan kayu yang di bawahnya itu pond dan Singapore Flyer dari jauh, serta di sisi lainnya ngeliat Marina Bay Hotel dari bawah.

Pond and Singapore Flyer, taken from Dragonfly Bridge
Giant Sky Lantern, taken from Dragonfly Bridge
Giant Sky Lantern, taken from Dragonfly Bridge
The Phoenix and the Peony
Bulan September kemarin, Gardens by The Bay ikut ngerayain Mid-Autumn Festival Day. Festival Pertengahan Musim Gugur itu semacam hari raya panen bagi warga Tiongkok. Dirayainnya pas hari ke-15 bulan delapan dalam Kalender Tionghoa, yaitu minggu kedua September sampe Oktober. Di sana banyak banget lampion-lampion dengan berbagai bentuk dan tentunya ada maknanya sendiri. Karena keterbatasan waktu, harus pindah ke destinasi lainnya, nggak bisa liat lebih banyak lagi lampion di sana. Tapi ngeliat Supertree Groove aja udah seneng banget!
Mid-Autumn Festival Day
Leaping Over The Dragon's Gate
Ocean Themed Lantern
Sesampainya di ujung jembatan, udah sampai di area Supertree dan Skyway. Hal pertama yang keliatan langsung adalah beberapa vertical gardens yang tinggi banget dan how lucky i'am, waktu sampai pas banget shownya berlangsung. Pertunjukkannya adalah lampu-lampu Supertree yang nyala seirama sama musik. Musik yang diputer ini ala-ala opera gitu, berasa lagi nonton broadway. Bedanya ini ngeliatin pohon. Kalau penasaran, pertunjukkannya seperti ini.

Nah nontonnya itu ya di halaman tamannya. Karena tinggi banget Si Supertree ini, jadi nontonnya sambil tiduran. Kalian harus dateng ke sini pas malam dan pertunjukkannya berlangsung. Meskipun rame, bener-bener seru dan nyaman gitu rasanya nonton sambil tiduran dan di antara sekian banyak orang dari berbagai negara. Bener-bener worth to watch!

Goleran nontonin Supertree Groove
with @yayanuraulia
This place is the only one I wanna visit again!

Huhuhu ini nulisnya sambil nontonin shownya di Youtube :(


Seriusan cantik parah. Dari arsitekturnya sih bisa bikin vertical garden macem begini. Pertunjukkannya sendiri berlangsung selama 1-2 jam-an, sepertinya tiap hari ya tapi musiknya beda-beda tergantung temanya apa. Kagak tau w waktu itu temanya apa pas ke sana, udah ga bisa fokus karena saking cantiknya Supertree ini #yha Waktu itu berencana buat naik ke Skyway juga, tapi udah nyaman buat nonton dan tiduran di bawah pohon, jadi ya udah nggak jadi haha..

Marina Bay - OCBC Skyway
Supertree Groove
Supertree Groove
Supertree Groove
Supertree Groove
Supertree Groove
Gardens by The Bay Singapore
Gardens by The Bay Singapore
Gardens by The Bay (15/09)
Gardens by The Bay (15/09)
Cantik banget ga sih. Terharu akutu 😭

Nggak cuman Supertree aja yang ada di sini, ada OCBC Skyway, Flower DomeCloud Forest, Heritage Garden, Golden Garden, Museum, dan banyak bangunan yang isinya informasi dan bentukan berbagai macam tanaman di dunia. Tiga wisata pertama yang aku sebutin sebelumnya berbayar ya, kalau yang lainnya sepertinya tidak.


Saranku, kalau ke sini sisihkan waktu 2-5 jam; 2 jam buat nonton Supertree Grove (malam) dan 3 jam buat ke area lain; sore ke malam sounds good. Lima jam lama banget? Seperti yang ku bilang, Gardens by The Bay luas b a n g e t! Kalau nggak ada waktu lebih, mending ke Supertree aja, tapi kalau punya waktu lebih, bisa lah keliling semua tempatnya.

Akses ke Gardens by The Bay gampang banget. Tempat ini deket dimana-mana. Kalau MRT bisa turun di Bayfront, ambil Exit B. Kalian bakal langsung sampai di Dragonfly Bridge atau Meadow Bridge.


More information about Gardens by The Bay click here.



Haji Lane
Pernah liat nggak sih distrik mural di Singapore? Yang kayak begini.

Selamat datang di Haji Lane!


Kalau aku liat, sebenernya Haji Lane ini kawasan kedai biasa sih. Areanya juga nggak terbilang besar, hanya gang-gang kecil yang berjejer toko makanan, minuman, aksesoris, barbershop, dan fashion. Justru menariknya di sini. Masing-masing kedai punya tampilan/corak sendiri-sendiri, jadi bikin bingung mau ambil foto dimana karena bagus-bagus semua.


Kalau emang mau foto sepuasnya, ke sini mending pagi aja karena toko-toko belum pada buka. Aku ke sini sekitar jam 6-8 pagi; masih seger, nggak panas; dan sepertinya toko pada buka jam 10-an.


Ngeliat dari luar, kedainya pada asik-asik sih. Apa yang dijual juga beda-beda. Berhubung ke sini niatnya foto dan nggak nongkrong, kurang tau berapa rata-rata harga di sana cuman harusnya sih nggak mahal.


Selain belum buka, para penjualnya pun belum pada di toko buat siap-siap. Jadi bener-bener sepi. Pas ke sana, cuman ada aku, temenku dan dua turis lainnya doang haha..

Haji Lane
Haji Lane
Haji Lane
Haji Lane
Haji Lane
Selain mural, bagian atap beberapa kedai juga ada aksesorisnya seperti patung, bendera, jendela, dan lampu. Nggak nanggung-nanggung sih emang. Kalau kata bule dari Philippines waktu itu, "This place is so warm and beautiful". Yak tul!

Waktu ke sana, aku jalan kaki sih karena deket dari hostel di Kallang dan berangkatnya juga kurang dari jam 6 jadi MRT pun belum jalan. Cuman kalau dari peta, MRT terdekat di Haji Lane adalah Bugis MRT. Lokasinya nggak sulit ditemukan, cuman masuk gang di North Bridge Road.


Jangan lupa pake outfit yang cakep ya!


More information about Haji Lane click here.



Universal Studios
Bola dunia warna biru dan air mancurnya emang ikonik banget. Jadi sasaran foto wisatawan kalau ke sini. Dan itu gratis kok karena ikon ini berada tepat di depan pintu masuk Universal Studios. Waktu ke sana, nggak rame-rame banget jadi kalau mau foto pun nggak berebut bahkan beberapa turis ngerti gitu loh kalau fotonya gantian.
Ikon Universal Studios
Di area luar atau sebelum pintu masuk, banyak banget toko makanan, minuman, foodcourt, dan aksesoris. Soal harga emang terbilang lebih mahal sih dibanding di tempat-tempat lain, spesialnya di sini yang dijual unik-unik. Untuk minuman mulai dari S$5, makanan mulai dari S$10. Makanan dari belahan dunia manapun ada; western, eastern, timur tengah. Minuman dari air mineral, jus, milkshake, soda juga ada. Untuk makanan, areanya udah terbagi-bagi gitu gengs misal kalau mau makanan korea, ada semacam foodcourt yang jual makanan korea doang.
Distrik makanan Korea
Harga tiket masuk Universal Studios Singapore waktu itu 760k tapi dapet diskon dari Traveloka, jadi 680k. Mayan gengs :') Dengan harga segitu, kalian bisa nikmatin seluruh wahana yang ada, kecuali icip-icip dan bawa pulang merchandise.

Universal Studios Singapore sendiri terbagi jadi beberapa area, yaitu Madagascar, The Lost World, Ancient Egypt, SciFi City, Far Far Away, Hollywod, dan New York. Ada tema dan pertunjukan juga, jadi nggak tiap season nawarinnya sama. Contohnya di Bulan September kemarin, lagi ada pertunjukan Transformer; sedangkan Oktober, ada Hallowen Horror Nights. Setiap area juga punya wahananya sendiri ya.

Universal Studios Singapore Maps
Nah kalau ini peta waktu aku ke sana.
Universal Studio Singapore Maps

Far Far Away Castle
Ancient Egypt
Ancient Egypt Attraction Entrance

Hollywood Section
The making of Giant Head for Hollywood Horror Nights (behind me)
Sesame Street Shop
with Phil
Kalau dikata gede, nggak gede-gede banget. Kecil juga nggak. Jadi kalau muterin semuanya nggak capek tapi puas dan seru. Saranku kalau ke sini, harus bener-bener satu hari penuh karena agak sayang kalau nggak cobain semua wahana sedangkan udah bayar. Kenapa harus satu hari penuh? Antri per wahananya lama, rata-rata 40-60 menit meskipun ada yang dibawah 30 menit tapi cuman bisa diitung jari.

Wahana yang ada bisa kalian cek lebih lengkap di sini. Aku hanya naik beberapa aja karena antrinya panjang banget, ga keburu waktu, dan beberapa wahana nggak boleh bawa barang bawaan apapun jadi harus dititipin loker dengan bayar S$3-5. Nggak seberapa emang biaya penitipan barangnya, tapi sayang aja gitu per wahana musti bayar. Yang paling seru banget itu naik wahananya Transformer sih, mungkin karena 3D juga jadi seru aja perang dan tembak-tembakan bareng Prime dan Bumblebee. Berasa fit in sama filmnya haha..

with @yayanuraulia
Tadi kan aku bilang kalau ada pertunjukkan, nah pas ke sana itu ada dua seingatku; Turn Tables dan Betty Boop. Aku nggak ngeliat sih jam berapa aja pertunjukkannya dalam sehari karena waktu jam 3 sore ada Si Betty Boop ini di area Hollywod, tepatnya di Palace Theatre.
Palace Theatre

Ceunah gitu Si Betty Boop dan teman-temannya.

Boop-Oop-a-Dopping Show
Betty and her girls
Pertunjukkannya berlangsung sekitar 30 menit. Mereka juga interaktif banget, ngajak penonton nyanyi, niruin, dan ngajak penontonnya buat nari bareng. Kalau nari sih nggak semua ya, cuman 3 orang waktu itu. Setelah pertunjukkan, kita boleh foto sama mereka, mau pake kamera atau hp juga boleh. Difotoinnya juga dari pihak sana dan punya pribadi kita. Kalau mau dapet hasil foto dari pihak sana bayar sekitar S$5-15, makin mahal kalian bakal dikasih merchandise juga. Kalau foto sendiri, tetep difotoin sama petugasnya cuman gratis! Tenang, hasilnya bagus dan nggak ngeblur gitu.
with Betty and her girls
Akses ke Universal Studios ada dua macam, tergantung kalian mau yang instan apa nggak. Kalau instan, kalian cukup naik MRT turun di Bayfront Station terus jalan sekitar 3-5 menit ke Sentosa Station buat naik Sentosa Express. Biaya Sentosa Express S$4/orang sekali jalan, jadi kalau PP S$8/orang. Lumayan sih menurutku karena S$8 kalian bisa dapet BigMac McD di sana :)

Kalau mau gratis, bisa juga yaitu kalian ke Vivo City Mall. MRT terdekat tetep Bayfront Station ya. Nah dari Vivo City, kalian cari pintu keluar di belakang dan bakalan ketemu sama papan petunjuk Sentosa Island. Nah! Dari Vivo City ini kalian kudu nyebrang buat sampai ke Sentosa Island lewat jembatan kayu gitu. Jaraknya 1km lebih, cuman di km tengah ada travelator, jadi nggak gempor-gempor amat kok gens kalau jalan kaki. Rame juga jadi nggak berasa gitu jalan jauh.


Selama kalian liat dan ngikutin papan petunjuknya, nggak bakal tersesat. Kalau nyasar, inget! Jangan sungkan buat nanya!


More information about Universal Studios click here.


--


Yeay!


Itu dia destinasi wisata dan info singkat versiku. Yang pasti masih banyak banget tempat-tempat lain yang wajib buat dikunjungi dan diexplore. Wisata wajib dan rekomendasi utamaku adalah Gardens by The Bay, nggak bakalan rugi ngeliatin taman tinggi gede di luar negeri!

You Might Also Like

0 komentar