Bisnis Database: Bikin kaya apa bikin bego?

11:28 am


Pasti kalian nggak asing lagi sama yang namanya "bisnis database". Entah melihat dari temen-temen kalian atau denger cerita orang yang join bisnis ini. Pada dasarnya, kalian juga pasti sudah bisa menerka bisnis ini itu apa, ya kan? Apakah kata 'multi level marketing' yang pertama kali terpikir? Tenang. Kalau pun iya, kamu bukan satu-satunya orang yang punya pikiran seperti itu. Banyak orang, aku pun juga.

Bisnis jaman now


Jadi, apa sebenarnya bisnis database itu?
Secara sederhananya, database yang dimaksud disini ialah kumpulan data kontak. Kontaknya siapa? Para produsen atau distributor yang menjual barang-barang. Dengan kata lain, database ini berisikan penjual barang langsung dari first hand. Loh bukan bisnis barang dong? Secara pengertian, iya. Namanya juga 'bisnis database', yang dijual ya database si data kontak penjual first hand itu. Setelahnya, terserah orang-orang yang gabung di bisnis ini. Mau menjual 'database' lagi atau menjual barang-barang yang bisa didapat dengan harga murah. Barangnya apa aja? Ya baju, celana, jam, sepatu, tas, kosmetik, dll. Barang-barang yang biasa kalian temui di online shop.

Tapi gini, namanya berjualan barang itu kan susah-susah gampang ya. Kalian harus promosi barang, ngehitung keuntungan yang diambil, ngelayanin pembeli, packing barang, belum kalau ada yang komplain, dsb. Bukankah lebih praktis kalau yang kita jual itu adalah 'si database' ini? Ya kan? Ga perlu ribet bikin akun online shop, upload barang, dll. Get it? Nah! Itulah yang menjadi salah satu alasan menjamurnya bisnis ini sekarang.


Gimana sih cara kerjanya database ini?

Yang perlu aku tekankan adalah, aku gatau 'bentuk' database ini apa. Yang jelas, softfile (ya namanya juga database). Entah datanya dalam bentuk .pdf, .excel, .word, dkk ga ngerti. Yang aku tahu, datanya berisikan kontak berupa nomor handphone, WhatsApp, pin BBM, atau LINE. When you decided to join in this business dengan membayar Rp 300.000-400.000, yang perlu kalian lakukan adalah membalikan modal sebesar nominal tadi. Caranya gimana? Well, the point is all about testimonials. Ngeh nggak sih kalian kalau liat temen kalian selalu update isinya foto struk transferan dan screenshot chat isinya 'pecah telor'? Itu senjata dari bisnis database ini buat menarik orang lain biar gabung. Ya istilahnya bukti nyata gitu lah kalau gabung di bisnis database itu menjanjikan, keuntungannya banyak, tiap hari duit ngalir terus.

Mari disimulasikan. Andaikan Ayu ini adalah orang yang udah gabung di bisnis database dan dia mau gimana caranya bisa balik modal. Ayu update seperti ini:

Postingan Ayu di sosmed

Kemudian, temennya Ayu namanya Ani ini tertarik buat gabung. Ani membayar 400k ke Ayu. Ayu akan memposting lagi kalau ada yang join di bisnis ini. Selanjutnya, Ani pengen balik modal juga. Dia melakukan hal yang sama kayak Ayu dengan cara mengiming-iming keuntungan yang didapat melalui media sosial. Apa yang dialami oleh Ayu akan dialami juga oleh Ani karena mereka melakukan cara yang sama. Bisa jadi, nggak hanya Ani yang akan tertarik, temennya Ayu yang lain juga bisa gabung. Lalu berapa orang yang akan tertarik dengan promosi yang dilakukan oleh Ayu? Bisa jadi banyak, lebih dari satu. Hanya perlu sekali bayar, uang yang didapat lebih dari modal yang kalian keluarkan.

Testimoni: Senjata Bisnis Database

Apa ada yang salah?
Sejatinya, semua bisnis tidak ada yang salah. Bisnis database juga nggak ada salahnya toh dapet untung beneran kan? Tetapi, yang perlu digarisbawahi adalah bisnis tidak hanya membicarakan soal keuntungan. But what they do actually makes them and others stupid. Kenapa bisa gitu? Hal dasar yang perlu diingat adalah mereka bergabung untuk mendapatkan 'database' ini tapi nggak mereka gunakan, malah dijual lagi =)) Terus datanya buat apa? Dan katanya, data kontak yang mereka dapat tidak sepenuhnya bisa digunakan. Loh?! Banyak data kontak yang error/missing, alamat website yang not found.

Coba bayangkan. Ketika kamu gabung bisnis ini, terus kamu promosi segala macam, anggaplah dua puluh temen kamu tertarik. Untung yang kamu dapatkan Rp 6.000.000-8.000.000. Banyak? Memang. Kemudian, dua puluh teman kamu melakukan hal yang sama, masing-masing orang bisa attract dua puluh orang juga. Berapa orang yang sudah gabung? Lebih kurang empat ratus orang. Semakin banyak orang yang sudah gabung, kepada siapa lagi yang harus kamu ajak? Saingan makin banyak. Siapa aja? Ya temen kamu sendiri lah kan temen kamu juga ikutan bisnis ini. Namanya pasar bisnis, semakin banyak pesaing dan barang yang dijualkan sama, akan ada siklus dimana harga jual turun. Yang semula kamu gabung dengan membayar 400k, bisa jadi ada orang yang desperate pengen balik modal, dia jual setengah harga. Kamu tersaingi? Oh jelas. Apa yang kamu lakukan? Nurunin harga lagi lah biar mereka lebih tertarik ke kamu daripada orang lain. Toh yang dijual sama ngapain cari harga yang lebih mahal?


For your information.
Temenku ada yang gabung, tiap hari selalu update kayak di atas. Pernah suatu ketika, aku ngeh kalau apa yang dia posting itu pembicaraannya pribadi sama pasangannya dan keluarganya sendiri. Postingannya ya isinya testimonial. Jadi, ga banyak yang bikin testimonial palsu supaya bikin orang lain mikir, "Eh kok banyak sih yang gabung", "Untungnya banyak nih", "Trusted deh ini", dan sebagainya. Apakah itu bukan dinamakan penipuan pembodohan publik?

Konyolnya, bisnis database ini ada modulnya =))
Nggak tau isinya apaan. Yang aku pahami cara kerja di bisnis ini ya cuma posting bukti transferan dan screenshot testimonial.

Lantas worth it ga join bisnis ini?
Serah lo. Kalau mau untung cepet dan jadi kaya dadakan, join aja. Apalagi kalau lo BU (butuh uang). Tetapi..... don't expect too much dengan segala kemungkinan di atas. Join ga join, hak masing-masing orang. Tapi apa iya ada yang mau jadi bego dan ngebegoin orang?


Referensi lain dari temen gue tentang bisnis ini atau ini. Banyak informasi yang bisa kalian dapat di internet soal bisnis ini. Jadi, bisa dipertimbangkan kalau kalian tertarik.

You Might Also Like

174 komentar

  1. Aku salah 1 yang sudah di begoin,, tapi aku gk mau begoin orang,, biarin hilang duit 350 dari pada kena sumpah serapahnya orang yang sudah join tapi gk jalan bisnisnya semakin banyak yang gabung leadernya makin kaya tapi membernya mandek karena bingung jual database kesiapa dan harus bagaimana,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal saya pengen gabung,dan lgi cari tau sebenernya apa sih jual database ini

      Delete
    2. Ogah. Sama aja kaya bisnis Qnet ini mah hahaha. Bedanya kalo Qnet Bosnya udah ketangkep.

      Delete
    3. Klo gak salah Qnet itu kalung (yg kayanya ajaib) yang harganya jutaan itukan. Baru tahu klo bossnya udah ketangkep.

      Delete
    4. Yah.. Padahal dah tertarik. Tpi ngeliat komen ini nggk jadi ah

      Delete
    5. Sama. Aku juga dulu pernah join bisnis itu byr 350k, dan akhirnya bingung gimana,termasuk penipuan gak ini. Keluar aja dah

      Delete
    6. Haduh ternyata gak cuma aku sendiri yg kehilangan 350k. Ngerasa bego aja, padahal nyari 350k itu penuh perjuangan banget. Tapi ya sudah lah, gak mau ikutan ngebego in orang juga.

      Delete
    7. aku join kaya gini jujur aja karena postingan testi nya tuh banyak ngehasilin uang, ywdh tuh aku join aja ga mahal sih cuma 20k, tapi pas masuk grup nya ko aku nyesell soalnya itu bukan testi asli dari grup nya cuma ss an testi yg ada di grup dan aku bingung mau ngapain jd keluar dehh

      Delete
    8. Wahh gk semua gitu ya!!
      Sya juga jlaninnya tapi biayanya gk smpe mehong gitu, malah biaya joinnya harus bertahan di harga normal biar udah ada yg nawarin lebih murah tapi kami ttep di harga normal dn pastinya itu dibimbing.
      Be smart lah gk semua bisnis online database itu sama. Ya kali emng sma berisi kontak² tapi gk semua orang bisa sma yg diatas ucpin.

      Sya juga udah bukti in.
      Sebelum anda gabung anda tidak mengetahui sistem kerjanya. Karena stiap pekerjaan beda sistem kerjanyan walaupun sma Merk tapi BEDA PEMILIK. OKE

      Delete
    9. Bener banget sista, aku pernah join gitu harganya 50k,bentuknya ya file data gitu, tapi setelah aku cek banyak kontak yang ga aktif. Jadinya ya muter-muter aja gitu, tapi ga aku jualin karena apa ya, ga masuk akal aja gitu wkwk

      Delete
    10. huehue (sound of crying) thx min udh di kasi review ini gua puter otak lagi klo mau jaoon apa apa juga manaan kudu 350k eeq:(

      Delete
    11. Singkat cerita, Gw juga pernah join kayak gituan, katanya cuma bayar 50K eh ternyata minta tf lagi 20K alih² buat biaya admin. Terus setelah jalan beberapa bulan gw cari di internet dan baca² tentang bisnis database. Akhirnya gw nyesel sih udah bodohin beberapa orang dan memutuskan keluar dari bisnis itu

      Delete
    12. Maaf saya baru ingin join bisnis database menurut kalian gmn ? Katanya ada yang baru 2 minggu udh bisa beli IPhone itu bener gak ? Tolong bantu ya

      Delete
    13. Untung mampir kesini dulu,hampir aja aku mau join bisnis database gegara udah tergiur harga murah 50k

      Delete
    14. Hahahah ini pasti gr2 liat fyp tiktok ya, ak jg awal ny mau join tp pas ak tny owner ny jual database itu gmn, malah f d suruh gabung dlu, setelah ak bca2 jualan database ini ilegal sdh d larang oleh ojk

      Delete
    15. Nyesel gak nyari info dlu, dan gw baru dibegoin, BARUSAN dah join :D

      Delete
    16. Tpi kak klo join bisnis online untuk jdi reseller/dropship nya, itu sama gk sih kayak bisnis database, mohon pncerahannya:)

      Delete
    17. Beda, itu anda jualan yang jelas ada barangnya & bisa digunain..

      Kayak saya, jualan followers tapi ngejual app nya juga..

      Delete
    18. Dulu aku juga pernah hilang 300 rb cuma pen join,ngumpul nya setengah mati,sampe²ga jajan pas wakty sekolah:'

      Delete
  2. Jir gue baru gabung dong. Untung aja cuma 25k dan skrg bingung cara kerjanya gimana. Pas browsing dpt blog yg pas gue baca nyes gitu bikin mikir hahaha. Trnyata gue dibego2in 😌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saamaa.. Gue baru aja gabung terus bingung cara kerja nya, pas baca ini jadi pengen apus ajaa keluar dari grup. Gapapa uang 90rb ilang.. Dari pada bodohin orang..

      Delete
    2. Oiiii samaaaa oi, baru ajaa huhuhu 50k kuu

      Delete
    3. Gua juga baru gabung, trus gk tau ini bisnis mau diapain😭😭😭

      Delete
    4. Tergantung sama usaha aja sih,aku lebih milih ngejualin barang daripada data karna tau itu ngebodohi

      Delete
    5. Bukannya pada di Bimbing sama adminya?kok jadi pada bingung gt

      Delete
    6. sama njir, gua cuma 20k sih tp nyesel aja gitu karena pas dichat kerja nya apa dia bilang suruh join dulu lah bego nya gua malah mau aja ikutan tanpa tau kerja nya apa, alhasil gua bingung mau ngapain kalo disuruh kerja nya kaya gitu dan sama aja ga sih kaya kita ngasih duit mereka tapi belum tentu bakal ada yg join kalo kita yg jual database nya

      Delete
    7. kk aku mau dong, jd reseller kkak

      Delete
    8. Ya kali yg lain hnya nilai dari luarnya. Gk semua bisnis online itu aplagi database hnya bepacu ke jual datanya aja. Kan klau udah gabung pasti di ajarin klau emang gk ada skillnya di jual database kan bisa pindah jadi reseller dn itu juga tnpa biaya.

      Ya mungkin yg lain dluar sna klau mau pindah bisnis harus byar lagi tapi dikami tidak!!!. Dn hrganya gk smpai mehong gitu

      Delete
    9. Emang harga untuk join nya brp kak? Apakah keuntungannya setimpal? Atau malah melebihi ekspetasi?

      Delete
    10. Nyari supplier scarlett yg murah tapi beli minimal dikit plis infooo

      Delete
  3. Jujur ya aku tertarik sama bisnis ini. Mau coba yg daftarnya tuh 25k doang. Tapi setelah mikir mikir ulang dan baca postingan ini, kayaknya iya juga.
    Ahh untung belom join

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga pingin join tp stlh liat komentar jd gk mau join

      Delete
    2. Iya tuh tmn ku lg posting"bisnis receh 25k,tp ogah having krna dah ragu itu penipuan berpiramid, buat apa nanggung disa gede dpt receh"untung g trgiur msh just Iman 😊

      Delete
    3. Bukannya pada di Bimbing?

      Delete
  4. Aku baru aja gabung. Fakta banget emg tergiur sama story" testimoninya. Pas udah transfer lewat bank, eh adminnya minta tf lagi, katanya untuk biaya owner atau apa gitu. Udah gitu, waktu udah masuk di grub bimbingannya, actually, banyaaaakkkkk banget membernya. Seribuan lebih, dari org sebanyak itu, ngga heran emg admin dpt penghasilan yg bikin org tergiur. Tapi kalo udah sebanyak itu org yg terbodohi, yakin nggak sih bisa dpt keuntungan sama kayak yg di iming imingin? :( nyesell banget udah gabung:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh jelasin yg rinci ga??
      soalnya kek aku mulai tergiur gtu pgn ikuttan

      Delete
    2. seperti nya sih itu kek sama aja minta uang ke orang secara halus.. makin banyak org yg "terbodohi" maka banyak juga uang si yang "membodohi", dan yg dikasih cuma testimony untuk di share lagi.. gitu" terus.. yg udah ikutan join ya minta lagi uang ke org lain.. dan menjalar terus kayak virus����‍♀️ itu sih menurut ku secara kasar dan jelas nya ��

      Delete
    3. terimakasih sudah memberi pencerahan. now i know. hampir join tetapi setelah baca ini jd males join wkw. lucky me belom join

      Delete
    4. Kalo saranku ikut bisnis databasenya itu yang juga nyediain aplikasi2 gitu .
      Jdi kita bisa pake sendiri aplikasinya + kita jual .

      Cuma saran aja sih 🤗

      Delete
    5. Hai kak
      Engga semua busnis database kaya gitu kok, aku gabung database tapi aku milih buka olshop. Dan karena anggota bisnis itu udah ribuan, alhasil banyak yang mau jadi resellerku.
      Menurutku bisnis itu gasalah, tergantung kita gunainnya gimana aja, karena kalo gabung database itu ada 3 bisnis. Engga harus jual data kembali, tapi bisa buka olshop sama jadi dropshiper.
      Aku sendiri jadi dropshiper dan dalam waktu -+sebulan aku udah bisa punya -+600 pelanggan, dan tiap hari pasti ada orderan masuk.

      Kalo kakak joinnya MC jangan nyesel kak, dicoba buka bisnis yang lain, jangan di database saranku.
      Bisa jadi dropshiper atau buka olshop
      Pinter ngedit bisa buka jasa edit dsb

      Semangat;)

      Delete
    6. Aku juga hampir mau join, tapi setelah tanya ke aunty dan disuruh baca blog2 tentang bisnis database di google, nyali aku jadi ciut mau join..

      Delete
  5. Modal mereka cuma screenshootan. Dan lagi data kontaknya itu. Mereka cuma ngumpulin. Engg berarti dapat izin dari yg punya olshop?! Yah gt deh pokoknya. Terus jg, aku pernah cb beli data first hand. Cmn 7k. Dan yang terjadi sebenarnya adalah. Astaga. Itu cuma nama ig aja,sm kontak mereka.ada beberapa yang g bisa di akses. Terus juga meskipun first hand, byk yg g bisa dropshipp atau resell karena harganya. Dan juga, mereka jual aplikasi premium. Yang semua tau lah klo itu ga asli dr aplikasinya :3.menurut aku bisnis ini g bikin maju. Dan g bisa di pertahankan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh aku tadinya tergiur dan emg pgn banget ikutan ehh sebelum mau ikutan aku kek mikir² gituu loh dan cari tau apa ini benar?Pas aku cari tau di internet komen²an nya pada begini huft Untung belum join

      Delete
  6. saya salah satu yang join bisnis ini, tapi modal nya cuma 50k. emang kerjanya gampang banget, terus setiap hari banyak orang yang kasih testi real. saya juga lumayan sudah dpat penghasilan. Tpi yang membuat saya ragu dengan bisnis ini, apa penghasilan saya halal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dapat pembelinya darimana ya pak?

      Delete
    2. Klo sudah join kya gtu, klo boleh tau kerjanya apa ya ?

      Delete
    3. Coba dipikir.
      Kalo kerjaannya sama aja kaya "menipu" atau "membodohi" orang apa mungkin itu Halal?

      Aku bilang kaya gini karena dulu sempetan gabung juga bayar 100k.
      Pas udah join grup, emang bener kaya "dibimbing" gitu tapi ujung-ujungnya kita bingung sendiri mau diapain data ini tadi.
      Toh lagi juga kadang datanya banyak yang error.
      Terus kalo udah gitu jadinya gimana? Otomatis kita mancing orang biar bisa balikin modal kita kan?
      Jadinya ya kita sama aja kaya si owner awal, yaitu "menipu" dan "membodohi" orang biar dagangan kita laku dan balik modal.
      Jadi dari sini, udah tau kan ini Halal atau nggak nya.

      Aku pas gabung, tau cara kerjanya gitu auto keluar.
      Emang menggiurkan banyak dapet duit, tapi inget dosanya berlipat juga brooo������

      Delete
    4. Iya betu, saya jga bru dafta 50k tapi nga tau harus gmana setelah saya pelajari lagi padahal ini pekerjaan setan., gmana bkan pekerjaan setan, kerjanya aja begoin orang, ya sama aja dgan pekerjaan setan laah. Haram.

      Delete
    5. Iyalah InsyaAllah halal kan kamu sebenernya hanya bantu mereka buat buka usaha. Jaman skrg Gratis? Gk mungkin, ke wc aja 1.000 apalgi kita nyedian kontak trus dpat bimbingan, belum lagi kuota kita. Kan ada timbal baliknya..

      Yg gk bisa sukses itu yh kebnykan nyinyir usha org.

      Delete
    6. Haram anjingg, gue yg punya usaha online dishoppe, lazada, Dan do tokped ga pernah nyinyir lontee, udh tau itu bisnis membodohi yah Haram lah anjingg

      Delete
    7. Saya juga kemarin baru gabung kak. Saya juga mikir2 halal pa haram yaa. Tapi katanya admin itu uang nya halal, soalnya didonasikan juga buat anak yatim. Bismillah dah, moga2 beliau jujur dan barokah

      Delete
    8. Temen gw tuh baru aja mosting, bisnis database harus bayar 60k buat dibimbing "katanya" karena gw ga punya duit dan gw juga penasaran sama bisnis ini akhirnya gw search di google, akhirnya gw tau cara kerja nya tuh kek gimana, Untung belom join awowmwkwmw

      Delete
  7. Nahh..sama nih
    Aku aja dari dulu pengen banget join..tp sempet mikir berulang ulang bisnis database tuh halal ga sih??sering bayangin jg klo aku udah join trs penghasilannya buat beli jajan kek barang2 kek berarti aku makan hasil yang haram donnggg😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ak awalnya juga mikir ini bisnis apa, tulisannya halal dan taunya ��

      Delete
    2. Ak awalnya juga mikir ini bisnis apa, tulisannya halal dan taunya ��

      Delete
    3. Alhamdulillah nemu blog ini jadi gak jadi ikut terbodohi juga 😭

      Delete
  8. Ih sama loh aku juga mau join tpi aku masih ragu gitu makanya aku cari tau dulu informasinya lebih detail lagi soalnya aku tuh msih ga paham dengan bisnis data base. Untung belum join

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jngn hnya melihat usaha setiap orang dari luarnya sja tnpa mengethui dlamnya.

      Jika sdah prnah join tapi tdak brhsil mngkin belum rejeki postif aja lah. Hp sma internet makin canggih tapi penggunanya makin wee

      Delete
    2. Tqpi tidak untuk membodohi orang

      Delete
  9. Yang jadi pertanyaan saya satu... Apakah nomor" tersebut masih digunakan distributor barangnya atau tidak? Itu yang membuat saya bingung... Yah awal awalnya bingung apa itu data base... Eh ternyata cuman jual Data data doang... Ternyata setelh dihubungin ternyata nomornya orang lain... Kan lucu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila terjadi seperti itu... Terus leadernya ngapain dong

      Delete
    2. Kan bisnis database masih ada jual beli olshop. Emng ga bisa gitu Jd Resseler/dropship. Maunya enak nya doang sih ga mau ada usahanya:)

      Delete
    3. Jadi reseller aku aja yu ka, gak pke biaya admin hehe

      Delete
  10. Itu nomor kontaknya real apa bukan ya? Secara logika kan gini... Apabila sudah punya kontaknya supplier kan orang orang mungkin akan belinya barang langsung aja... Kan apabila leadernya banyak kan otomatis Menyebarnya cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg udah ga aktif nomer hp sama alamatnya juga, bahkan ada toko yg udah bangkrut 🤨 kok dijual, berarti bisnis database tidak menguntungkan pihak distributor dong ya, modal sebar database tapi isi filenya kopong 🤭

      Delete
  11. untung aja aku belum join:) Awalnya itu emang tergiur sih dan mau join tpi aku ragu, akhirnya aku search digoogle dan ya aku nemuin ini, aku baca smpe teliti trus aku mulai faham:). Buat apa juga join begituan, aku juga masi kecil. Btw trimakasii udah share kak!<3. oh iya nambahin dikit nii kalo emng mau punya uang yang banyak kuncinya cmn 1 "rajin-rajin lah menabung":D

    ReplyDelete
  12. Astagfirullah,manusia macam apa itu 😭

    ReplyDelete
  13. Wahh saya jadi mengerti apa sih bisnis data base ini, soalnya belakangan ini banyak banget viral disosmed,untung saja saya tidak langsung tergiur.makasih kakak buat kontennya sangat membantu agar lebih bijak lagi dalan berbisnis😇😇

    ReplyDelete
  14. Aku baru banget gabung yg modal 50k. Pertama, Aku tergiur, karena aku pengen punya uang hasil sendiri dan kyknya gampang aja, modal kuota. Trs aku search dulu bisnis itu kerjanya kyk gimana. Setelah tau, jadi bingung karena aku tau klo ini dibodoh-bodohin, karena yg join tuh dah banyak. Ampe gk bisa tidur mikirinnya, setiap hari stres gitu. Sekarang dah join, baca ini langsung agak nyesel, karena tau databasenya bisa gk gingsi apa2. Terima kasih, Kak shareannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk pasti free_bussiness itu kan?

      Delete
    2. Aku juga gitu kak, baru aja join. jadi bingung mau di lanjutin atau nggak...huhuhu😭

      Delete
    3. Kasih aku aja kk nanti bagi hasil.

      Delete
  15. Barusan aku liat di beranda fb ada bisnis yang berpenghasilan besar gituhh,,ada nama instagram nya yaudah aku kepoin dan alhasil bnyak testimoninya ,aku penasaran lah aku kepoin truss .disitu tuh ada namanya bisnis database aku caritau apasih database itu ktemu deh artikel ini skrng jdi paham. Untung ga jdi gabung ke bisnis itu

    ReplyDelete
  16. Nyesel Gabung aku dah join. Ku kira database itu apa. Pdhl join join , aduh terbodohi, sialnya sesudah Daftar malah Baru baca Ini 🥺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat di Instagram kak ya?

      Delete
    2. Berarti anda slah msuk bisnis.
      Nyatanya sya join di bisnis ini gk rugi dn gk bodoh²in org.
      Krna setiap sya ajak org psti sya jelasin.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  17. Aku juga pertama kali liat tuh tergiur akan gitulah, dimana kek terpercaya banget gitu kan, w sebutin Instagram ny gkpp kali ya, jadi Instagram ny itu zirano_bussnies, yaa disitu sih emg bnyk screenshot dan testimoni, dan penghasilan dari para member gitu. Jadi sedikit tertarik gitukan, habis itu w cari nih gimana cara joinnya, pertama komentar orang katanya ada d bio, yaudah liat d bio, terus ternyata via DM yaudah DM dong, karena tertarik tadi kan. Setelah itu, DM ni admin ig nya, d bls dgn ngasih tau Syarat daftar hanya 55k via ATM klo via pulsa 60k, dan Dio bilang slow respon karena ngedahuluin orang yang udah tf Ama dia, yaudah aku read aja terus cari" gitu apa sih 'database' tu? Eh ketemu sama ni blog, baca baca baca, eh bersyukur gak jadi daftar deh, makasih banget kakak udah shere blog ini. Ya w jg gak mau lah d bodohin apalagi sampe ngebodihin orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Pas banget kak aku juga pengen join sama aku zirano_bussiness. Mksih atas pencerahannya. Untung nggk jadi join. Kata si @nando_natnat bisnis ny terpercaya

      Delete
  18. Astaga, saya baru aja join . Yah gitu pertama saya lihat bsinis ini sangat tergiur. Karna katanya admin nya modal hanya sekali dengan biaya 50k saja, ternyata setelah aku transfer lagi mereka minta transfer lagi untuk biaya owner katanya apalah itu dan sbagainya. Jadi kek nyesak gitu gabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehhh sama, aku juga baru join modal nya 50 k,terus di suruh tf 50 bk lagi buat uang bimbingan lah katanya. sampai sekarang saya bingung kok bisa yaa dapat uang sebanyak itu 🥺🥺.modal nipu pula . Aku terjebak huhuhhu🥺🥺🥺.kenapa baru sekarang aku cari " beritanya🥺🥺🥺😭

      Delete
  19. Database itu bisnis untuk meningkatkan penjualan di olshop ternyata begini.

    ReplyDelete
  20. Bang bikinin pertanyaan yang dapat ngejebak orang yg jualan database

    ReplyDelete
    Replies
    1. Up uppp

      Delete
    2. Halo.
      Hahaha sepertinya cukup untuk tidak ditanggapi atau di-iya-kan aja kak. Mereka narik orang dg modal kata2 jadi rasanya buang2 tenaga kalau pun ditanggapi :)

      Delete
  21. yawlahh aku dah dibodohi lohh teranyaataaa

    ReplyDelete
  22. Wkwk baru aja DM akun nya , trs lgsg search dan nemu ini. Bacain komenya sampe bawah ,trs si akun nya baru bgt bales DM . Ga jadi tertarik lah wkwk

    ReplyDelete
  23. Beberapa detik yg lalu hampir aja mau gabung tp untung gk jadi. Mkasih untuk share nya ini

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah hampir aja sempet gabung bang

    ReplyDelete
  25. Database ini mungkin sebenernya kalo di manfaatin dengan baik bisa meningkatkan penjualan, apalagi yg usahanya dropship atau reseller dimana bisa cari barang dengan harga yg lebih minim, tapi malah di manfaatkan kya gini ya yg muncul malah yg negatif, sy yakin gk semua bisnis database seperti ini,apalagi pebisnis database susah payah cari data nya, mungkin oknum saja yg memanfaatkan hal seperti ini dia bikin ladang bisnis instan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, tidak semua bisnis database seperti yang saya sebutkan di atas.
      Tapi perlu diperhatikan "dasar" mereka menawarkan, apakah tujuannya memang untuk mengajak orang berwirausaha ataukah hanya sebatas menggoda orang supaya dapat uang. Database nya sendiri tentunya bisa dimanfaatkan apabila memang isinya real dan uptodate, bukan hanya sebatas kumpulan nama dan kontak :)

      Delete
    2. Saya punya nih kak database kontak tapi isi tokonya udah pada bangkrut soalnya ga ada yg aktif, malah ada juga yang udah ganti nomer dan ganti alamat 🤭

      Sebenernya kak database ini gratis, entah kenapa dijual saya aja dapetnya gratis tinggal download aja, apalagi jaman sekarang modal scrape pake google chrome kan gratis ya, kenapa dijual gt aneh banget

      Delete
  26. Aku daftar bisnis yang kaya gitu dan bisnisnya tuh dibayarnya bisa lewat pulsa. Katanya mereka jual aplikasi fullpack,panel,database ,tema buat macem"aplikasi. Pas udh masuk grup anggotanya ga terlalu banyak. Jumlah anggotanya sama kaya kalo kita buat grup angkatan sekolah kita.Buat yang ikutan kaya aku juga.aku mau nanya apa bisnis aku ini sama kaya yang ada di blog ini?

    ReplyDelete
  27. Hampir gabung untung gajadi karna nemu ini
    Mkasih min dah share artikel ini

    ReplyDelete
  28. Klo Aku Sih Join Itu Tapi Ga Buat Membodohi Orang Kaya Gitu.
    Ambilnya Yang Olshop, Biar Gk Nambah Dosa😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, sukses ga di olshopnya? karna aku ngincer ini juga

      Delete
    2. Iya sama ka aku jga ngincer olshopnya katanya sih dri tangan pertama gitu dan harganya dh murah dan saya juga pgn nanya apakah bnr di database ituh dari tangan pertama

      Delete
    3. Mending olshop ada barangnya dari pada database yang gak kita tau asal usulnya...ntar kena Pidana ITE.Kalau boeleh tau pendapatannya berapa?

      Delete
    4. Iya kk,kita sama,aku juga ambil olshop ny aja,tp untungnya ambilnya cuma dikit2 soalnya emg darisana nya udh agak mahal,aku agak nyesel sih sm @bisnis_pelajar60 karna aku dibimbingnya setengah"

      Delete
  29. Aku juga salah satu yg mau join bisnis online database (ig: zirano). Sempat tergiur dan memang lagi butuh kerjaan dan menghasilkan uang. Udah mau daftar, lagi proses dm-an sama adminnya. Karna dia balasnya lama gue kepikiranlah buat searching apa itu bisnis database. Untungnya ketemu postingan ini. Setelah baca sampe bawah gue jadi mikir dua kali. Tapi guys kalo gue join bisnis ini, trus gue ambil yg dropshiper or reseller dosa gak ya gue? Mohon pencerahannya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga dong kak, kan dropship sama reseller itu jualan barang. Asal tidak mengambil keuntungan yang terlalu banyak itu gapapa kok

      Delete
  30. Sebenrnya gua ampir aja gabung tapi ragu
    Dan akhirnya gua cari tau apa iti data base... eh ternyata bikin ngakak

    Dan gua tambahin nih buat kalian yang masih ngandelin pemberian orang tua tapi pengin banyak duit tanpa bisnis...
    )Ya nabunglah hehe)

    ReplyDelete
  31. Jadi merasa terbuka pikiranku dan merasa dibodohin juga karna barusan daftar. Untung cuma 55k biaya pendaftarannya jadi gak merasa rugi-rugi amat. Awal join mikir mau dropship barang, tapi setelah join dan liat filenya isinya seakan disuruh jual file itu juga. Apa manfaatnya, dan gaada halal halalnya kalo jadi uang. Mending rugi daripada ikut membodohi orang lain dan makan uang hasil membodohi orang.

    ReplyDelete
  32. Aduhh! Kan beneran ternyata, temenku ada yg udah ikut ginian soalnya diajak sama temennya, aku ngga bisa buktiin kalo bisnis ini ngga worth it. ehh ternyata beneran sistemnya kayak gini, aduduh

    ReplyDelete
  33. makasih kak, untung baca dulu dan orang tua juga ngelarang, Alhamdulillah gajadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...jgn langsng seprtii....
      Ituuu gk semua bisnis nya membodohi...mngkin saja kalian salah masuk bisnisnya....karna apa yg AQ join alhamdulillah gk seprti yg kalian bilng

      Delete
  34. Saya baru juga join ginian, tergiur bngt sama testinya, karena emang lgi BU, join byr 400k, awalnya dia blng bisnis jual beli tpi ane nggk tau database itu trnyata yang di jual belikan, setelah tau ngarasa kek tertipu si hanya gitu aja, link databse jga bnyk yang tidak aktif, tpi saya nggk ngelanjut pembodohan ini ikhlaskan saja 400k itu semoga selalu diberi rejeki lebih sama Allah aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. 400k banyak bgt loh itu:(

      Delete
    2. Sekarang mh rata " 100k kak,,malah yg lebih murah ada,saya aja rada tergiur tp saya pikir " trz,, karena kebanyakan bukan jual barang, tp jual file,,,

      Delete
  35. Makanya kalau gabung itu cari yang Resmi jangan yang abal" jadi nya pas kalian ketipu kalian malah nuduh semua bisnis online itu ngga baik..

    Heddehh...nipu dari manannya
    Sekali join bukan cuman promosiin hasil screenshoot Testimoni..
    Tapi kalian bisa bekerja sama dengan
    Orang yg jual" barang didalamnnya seperti baju ..kosmetik..hoodie ..sepatu..dll..
    Nahh lagian emang klw jualan baju kyk gitu haram? Merasa di bodohi gitu?? Aku udah join ku ngga ngerasa di tipu..aku jadi member nya aja ngga pernah maksa orang buat join..modal mya aja murah ngga sampe ratusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tanya kak,itu data" td nya aku jg mau gabung jg buat olshop ,emang beneran d dlm'y bnyk data kontak yg GK aktif gtu..?

      Delete
    2. Nggak kak, aku join tp isi datanya itu isinya kaya ss an nama akun IG sama akun shopee gitu kak. jd nggak ada kontaknya

      Delete
    3. Kalau boleh tau ig dealernya apa ya kak? Tertarik mau gabung yang resellernya soalnya

      Delete
    4. Halo kak perlu digarisbawahi bahwa tidak semua bisnis database seperti yang saya jelaskan di atas. TAPI alangkah baiknya mencari dan bergabung dengan bisnis database resmi bukan abal2 seperti di atas :)

      Delete
  36. hampir aja w join, barusan liat ignya @your.bussines1 ktnya bisnis ini berpenghasilan 500-2jt dan full bimbingan, ywd w gbng dong, tp dia blsnya yg udh trf sama dia aja, dan sempet mikir buat cari tau database itu apa dan Nemu blog ini, stlh baca2 ternyata kerjanya sama aja kek owner pertama itu.makasih bgt dah bikin blog ini, seengaknya jd pelajaran utk kita :)

    ReplyDelete
  37. Hampir aja aku gabung..setelah aku search dan nemu blog ini gak jdi deh..mkasih loh pencerahan nya

    ReplyDelete
  38. Astaga untung aku cari istilah atau database itu apa kalo blm cari rugi aku :v , untung belum join. Hnggg...

    ReplyDelete
  39. Tadi aja barusan udh tergiurmau gabung,tapi aku penasaran jd coba searc &Nemu ini artikel. Tapi klo kita niat ny buat olshop & GK buat jual data" gt gmna apa gk halal jg,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Tidak masalah sih kak kalau tujuannya untuk buka olshop ya

      Delete
  40. Aku mau nanya dong kan itu bisnis database,kalo misal bisnis projects itu jujur ga ya? Kaya jual fitur, terus music, aplikasi. Soalnya biaya join murah bgt cuma 5rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Kalau jual aplikasi dg harga murah pasti aplikasinya palsu kak :) tapi balik ke kakak sendiri mau ikut atau tidak yang penting lebih baik pembelinya harus tau ya ttg apk nya

      Delete
  41. Ya kali kerja cuma share2 testi ama screenshotan dapat uang banyak, mau dapat uang banyak ya harus kerja keras, gamudah kaya share2an doang

    ReplyDelete
  42. Kok jadi melow ya baru aja gabung trus baca ini **niatny nambah kontak
    biar jualanku laris 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tinggal promosikan aja daganganmu... Lho berjualan emangnya haram?? Bukannya berjualan itu Sunnah dari Rasul??

      Delete
  43. Alhamdulillah untung belum join. Dan untung sempat kepikiran buat cari info sebelum join

    ReplyDelete
  44. tadinya dari tahun kemaren kemaren gue mau join, tapi masih mikir panjang "ini bener ngga sih bisnisnya?" tapi lama kelamaan gue bodoamat sendiri kalo liat selebg atau artis gitu nge pm in. eh sekarang gue malah tergiur pas liat di sg artis, gue coba aja stalk semuanya, tapi masih belum percaya yaudah gue cari aja di gugel and then ketemu blog ini, jadi ngga jadi aja deh wkwk

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  46. Ga semua bisnis database itu penipuan. Kalo supplier yg di jual valid dan udh dpt izin dari olshopnya apa kah haram?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Di postingan jg tidak menyebut semua bisnis database penipuan ya. Kalau memang data yg dijual valid dan sudah dapat izin harus dipastikan apakah memang itu legal dan terdaftar lembaga yg berwenang atau tidak :)

      Delete
  47. Hai kak, klo bisnis jadi agen jualan pulsa itu gmana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Kalau agen jualan pulsa tidak ada hubungannya dg bisnis database ya. Karena pulsa produknya lebih jelas dan ya memang real, tidak bisa ditipu :)

      Delete
  48. Yaampun artikel ini bisa kena pasal dengan pasal pencemaran nama baik loh, gimana database ngebegoin orng ? Orng sudah ada perijinan dari kepolisian, dan polisi itu udah ngerekomendasikan, bisnis database itu gak tutup poin dan gak bagi hasil ! Dan bisnis database itu NO MLM / NO money game ! Kalo berbicara dipikirkan dulu. Dan sudah ada perijinan dari MUI/MUA. Dan sudah ada surat legalitas dan undang-ubdang pebcemaran nama baik loh, ati-ati nanti ada salah satu orng yg bisa ngelaporin kamu ke jalur hukum karna kamu sdh mencermarkan nama baik bisnis orng,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Perlu ditekankan ya.
      1. Apakah saya menyebut nama/brand bisnis database? :)
      2. Apakah saya menyebut nama/brand bisnis database yang sudah ada perijinan dan direkomendasikan kepolisian dan MUI? :)
      3. Pada postingan di atas tidak menyebut bahkan menyudutkan nama orang, jadi tidak bisa dikatakan pencemaran nama baik :)

      Saya menulis ini pasti sudah dipikirkan dan research dulu, tidak asal bicara/tulis. Budayakan membaca sebelum berkomentar ya :) Sok atuh kalau memang ada yang mau melaporkan toh tidak ada bukti konkret :)

      Ohya, MUA itu apa ya? Saya cuman tau MUA itu Make up Artis :)

      Delete
  49. Baru aja gue tergiur ma bisnis database nya temen gue,tapi gue bingung cara kerjanya kek gimana jadi buka google terus nemu artikel ini,fyuhh untung aja gue belum join.Klo gak dibegoin deh :v

    ReplyDelete
  50. Aku tadinya juga tergiur mau gabung aku juga udah DM itu agennya,aku udah mau join terus aku tanya kerjanya apa dia bilang setelah fixs join dan transfer uangnya baru akan di bimbing ,dan saya tanya lagikan kerjanya apa terus dia jawab katanya database dan online shop,tpi saya masih ragu kerjanya apa karna saat saya tanya semua agennya jawabannya sama terus jadi saya cari² di internet
    Setelah saya baca komen²nya saya jadi ogah join huuft untung belum join:)

    ReplyDelete
  51. Gwajg gitu gyus,dr kemarin2 gwa gwa tergiur buat join bisnis itu,tapi setelah baca ini dan liat komentarnya sampe bawah ,jadi berubah fikiran,,takut jd korban ,heheee thx gyus semuanya 🤗

    ReplyDelete
  52. banyak yg nyesel gabung wkwkw, gua baru mau gabung trs baca ini jadi males wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama anjir baru mau join, tapi sempat cari² apa itu databese ternyata ini toh

      Delete
  53. gue dah join dongg 120k udh mau 1bulan gue tf uangnya tapi sampe skrng blm kasihh bimbingan samsekk alasannya agustus ini dia mulai bimbingan eh udah mo sept aja blm kasihh bimbingan dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyesell weh gabunggg, gue knl nih bisnis dari Des thn lalu trs kayak bimbang gitu mau join, pas mei kemaren gue membranikan diri buat join dan banyak modus" gw dpt harus byr rate lahh, dan bulan kemaren lunas dah tuh 120k dan gue di anggurin ampe skrngg kalau pun dia udh gak mau respon w lagi oke gue relainn tu duit Berkat Aja Buat Dia :)) tapi sulit di percaya sih kalau dia Nipu soalnya dia Agamis bangett tapi yahh jgn Menilai dari Covernya Aja

      Delete
  54. Mau nanya Bisnis hipsterpro itu halal kan??
    Ngak nipu juga kan??
    Soalx butuh banget uang tapi takut nnti itu ngak halal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Saya ga bisa bilang bisnis Hipsterpro atau bisnis2 lain halal/haram ya. Saya ga ada kewenangan untuk menentukan itu.

      Tapi setelah saya research, 11:12 dengan bisnis database. TAPI saya tidak tau real nya seperti apa. Lebih baik baca dan cari tau dulu ya supaya tidak merasa ditipu :)

      Delete
  55. Gua malahnn pas jualan itu yg modal 25K, itu kan jualan pulsa (game,pulsa nelpon, gitu2lah), emg sih ada grup, gua ga dibimbing bener2, gilak pas gua baru post malam2 bsknya ada 5 org yg pesen pulsa ampe ratusan ribu dan gue ditipu sma 5 org itu, melayang uang gue 1.4 jt, gue minta bantuan kk leadernya, gua ga dibantuin gilak, gue ampe stress gitu, sampe skrg gue masih nyimpen no.WA penipu nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo gua ada diposisi kek lu huft trauma berat :)

      Delete
  56. Saya juga udah lama tergiur sm bisnis database,,
    Tp saya tahan " dan pikirin lagi,, di wa terus sm mbak nya kapan mo join gtu,, terus di masukan dlm grup calon member gtu, distu saya liat mereka admin nya selalu posting transferan dari hasil jual file,, dari situ saya mikir lagi,,, kalo gini caranya nya bukan jual barang, tp jual data,, dan saya pikir lagi semua member juga bakal jual data, bukan nya jual barang,,
    Yaa saya tau pasti klo jual barang itu susah, karna sudah ada marketplace yg terpercaya, dari pada beli barang di fb ato ig,, orang lebih milih di marketplace bisa dpt promo ongkir,,
    Maka dari itu saya belum gabung,,
    Kalo kita niat jual barang dengan beli database nya itu bisa jadi berkah buat kita,,
    Tp kalo kita jual database nya dan jaringan kita juga sm seterus nya,, berapa orang yg kita bodohi dan apakah itu halal ato haram, ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka olshop aja kak
      Halal kok asal nggak mengambil keuntungan terlalu banyak
      Kalo aku jadi dropshiper dari gabung bisnis itu
      Alhamdulillah di umur 15 tahun ini udah bisa menghasilkan uang sendiri yang halal tanpa jual database lagi:)

      Delete
  57. Gua juga join anjir 100.000
    Nyesel bgt guaaa

    ReplyDelete
  58. Cuma mau bilang, kalo engga semua bisnis database itu seperti itu
    Aku join bisnis gitu tapi niatku mau jual barang bukan jual database dan biaya join pun masih masuk akal karena cuma 50.000
    Setelah join aku dibimbing sampai paham, dikasih kontak supplier tangan pertama dan itu semua bisa dibuka kok

    Saranku kalo mau join bisnis, diniatin untuk buka olshop atau jadi dropshiper aja
    InsyaAllah nanti banjir orderan kok, karena anggotanya udah 100k lebih dari berbagai wilayah di Indonesia
    Menurutku tergantung usaha dan do'a

    Alhamdulillah aku masih 15 tahun jadi dropship modal Rp.0 selama sebulan ini hasilnya udah lumayan banget buat bantu orang tua bayar biaya sekolah
    Engga ganggu sekolah juga

    Btw aku gabuka olshop di ig atau fb ya
    Tapi aku cuma di telegram, punya -+600 pelanggan dichanel dalam sebulan ini
    Pelanggan ini aku dapet dari sesama member MC
    Karena aku tiap harinya rutin promosi sebar link
    Dan alhamdulillah setiap hari pasti ada orderan masuk

    Buat yang udah join tapi belum ada penghasilan, semangat yaa
    Coba buka olshop aja yang pasti halal kalo kalian tidak menggambil keuntungan yang terlalu banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Terimakasih ya sharingnya. Di postingan memang tidak menyebutkan semua bisnis database menipu.

      Selama bisnis database itu memang menjual "database" seperti namanya, mendapat ijin resmi dari kontak2 yg tercantum, dan resmi/dijamin dg lembaga yg berwenang, pasti tidak ada masalah :)

      Delete
    2. Btw kakaknya dulu gabung di akun ig bisnis yg apa kak namanya?

      Delete
  59. Rekomen bisnis database reseller dropship yang resmi

    ReplyDelete
  60. Rekomen bisnis database reseller dropship yang resmi

    ReplyDelete
  61. Aku juga baru join 3 hari yg lalu 50 K, belom ada pendapatan. Tapi syukur deh, seenggaknya aku nggak makan uang begoin orang, dosa uy kalo kita dapet uang dari member tapi member kita belom tentu dapet kyak kita. 50 k ilang, itung" kurang sedekah

    ReplyDelete
  62. sebenarnya itu bukan penipuan maupun pembodohan, hanya strategi marketing tapi bersifat semuanya bisa melakukan, jadi ya tergantung masing-masing kitanya aja dalam memanfaatkan peluang :)

    ReplyDelete
  63. Mirip mlm dah lah itu mah.. Gw fikir jual data Base aplikasi😂ouh ternyata jual data orang2

    ReplyDelete
  64. Sumpah gw baru bngt pengen join untung ketemu website ini dan baca komentar makasih yaa

    ReplyDelete
  65. Keren, jadi lebih Hati-hati. Mending bikin blog aja kalo gitu deh. Bisa ngasih ilmu. Goodluck

    ReplyDelete
  66. Makasi ilmunya kak.
    Saya kemarin baru aja daftar bisnis kayak gini, tapi belom dikasi bimbingan si, besok insya Allah.
    Menurut di ignya sih, ada 3 bisnisnya, yakni database, dropship, dan olshop.
    Setelah saya baca blog ini dan komen² di atas ternyata database bisnisnya merugikan banyak orang:), jadi mikir² kalo mau jual lagi. Takut nanti merugikan banyak orang dan haram.
    Trus saya juga baca blog mengenai dropship, ternyata haram ya. Karena kita memperjualbelikan barang yang tidak kita miliki, jadi kita menjual barang milik orang lain dan kita tidak memegang barang itu sendiri.
    Jadi, kemungkinan besok² saya akan memilih olshop. Tetapi ya gitu saingannya. Saya masih pemula, dan pasti mentalnya belum terasah. Jadi takut dan ga pd:(
    Daftar bisnis tersebut 80k, tidak semahal kakak² yang sampai ratusan, tetapi ya gimana ya, saya masih anak sekolahan dan uang ya dari ortu. Bismillah barokah deh
    Mohon jika berkenan beri saya pencerahan dan motivasi kak.. Terima kasih. Semoga rezeki kalian lancar semua yaa.. aamiin

    ReplyDelete
  67. Mau punya banyak uang?? Ayo Segera Daftar-Deposit-Main-Withdraw Datang segera jangan sampai tidak kebagian ya. Link resmi klik saja ya >
    >> JOIN <<
    >> DAFTAR <<

    ReplyDelete
  68. Kalau dibaca2 ini sih mirip banget sama sistem ponzi ya hmm

    ReplyDelete
  69. Hadeh udah 2023 nih... Baru nemu bisnis database di tahun ini. Ini bulan September 2023, ga tau dan ga paham cara kerjanya gimana. Apakah haran atau halal? Apakah ril or fek? Tolong dong woy gw yang baru nongol nih.. lagi butuh cuan

    ReplyDelete