Mau Travelling? Bikin Itinerary dulu yuk!

2:44 pm

 

Photo by Toa Heftiba via Unsplash

Halo!

Buat kalian yang berencana liburan dan ingin liburannya tersusun rapi, ada baiknya bikin itinerary deh..

Apa sih itu? Jadi singkatnya itinerary adalah rencana jadwal perjalanan. Kenapa perlu itinerary? Supaya liburan kalian lebih terorganisir, apalagi kalau bepergian ke negara asing. Kita kan nggak tau apa yang akan terjadi di sana, alangkah baiknya kalau semua sudah direncanakan dan disusun dengan rapi. Nggak hanya itu, tapi menyusun itinerary itu juga mengandalkan kemampuan research kita loh! Kita bisa mencari tau seluk beluk destinasi, mulai dari apa aja yang bisa di-explore, berapa tiket masuknya, transportasi yang bisa menjangkau apa aja, atau bahkan peraturan-peraturan apa aja yang diterapkan.

Lalu seperti apa itinerary itu?

Sebenarnya bentuk itinerary itu bermacam-macam, menyesuaikan kebutuhan dan kenyamanan kalian sendiri. Tapi aku akan coba share itinerary versiku sebagai orang yang perfeksionis ya :)

--

Biasanya, aku bikin itinerary dalam bentuk excel atau spreadsheet (kalau mau disusun bareng-bareng sama partner travelling). Aku akan bagi menjadi dua sheet seperti ini:

Sheet 1 : Summary destination

Sheet 1 ini berisi daftar destinasi mana aja yang bakal dikunjungin per harinya. Di sini aku akan kira-kira aja, dalam satu hari berapa destinasi yang bisa dikunjungin dan berapa lama spend time di masing-masing destinasi. Biasanya awal-awal akan sedikit bingung ya kemana aja enaknya, jadi bisa list dulu sebanyak-banyaknya.

Misalnya, hari pertama enaknya kesini, kedua kesini, dst. Atau kalau pagi hari enaknya ke sini dan sini; siang hari bisa ke sana dan sana; sore hari bisa istirahat atau prepare; dan malam hari enaknya ke situ dan situ. Jadi semua masih ada dalam pikiran. Karena nentuin destinasi pasti kalian setidaknya ada bayangan dulu dong tempat wisatanya bentuknya kayak apa atau suasananya seperti apa. Jadi bisa nentukan, cocoknya datang ke sana di waktu kapan.

Setelah punya daftar destinasi, aku akan lanjut membuat itinerary yang lebih detail seperti di bawah ini:

Sheet 2 : Itinerary details

Nah pada sheet 2 aku akan lebih menjabarkan rencana perjalanan per destinasi.

Misalnya, pada hari pertama, aku tiba di Singapore jam 10 pagi via udara. Hal pertama yang akan dilakukan adalah melewati imigrasi sehingga aku akan menyiapkan passport, bukti tiket pesawat, atau bukti tiket hotel karena ada petugas yang bakal ngecek itu. Kedua, karena masih belum bisa check-in hotel, aku akan keliling di Changi Airport terlebih dahulu hingga jam check-in tiba. Aku akan cari tau apa saja yang bakal bisa aku nikmati di sana, seperti membeli simcard atau EZ-Link dan keliling Jewel Changi.

Hal pertama yang harus dilakukan setelah tiba di negara asing dan melewati imigrasi adalah membeli kartu sim dan kartu transportasi. Biasanya nih, setelah melewati imigrasi akan ketemu counter yang menjual kartu sim atau 7/11. Bisa lah mampir dulu kan. Di sini aku akan kasih waktu, kira-kira berapa lama aku bakal bisa beli kartu sim dan kartu transportasi. 

Anggaplah imigrasi membutuhkan waktu 1 jam, maka aku bisa mulai membeli dua hal tersebut pukul 11 siang. Karena tidak susah, aku akan kasih spare waktu setengah jam atau hingga jam 11.30 aku sudah mengantongi simcard dan EZ-link. Destinasi selanjutnya yakni Jewel Changi.

Untuk keliling Jewel Changi, aku pun akan mencari tau terlebih dahulu apakah ada tiket masuk? Apa aja yang bisa aku lihat? Kira-kira bisa spending time berapa lama di sana untuk menjelajahi? Semua ini bakal aku tulis detail, mulai dari jam berapa aku selesai melewati imigrasi, berapa lama aku bisa beli kartu sim, berapa jauh titik imigrasi ke Jewel Changi, jam berapa aku akan mulai explore hingga jam selesainya.

Anggaplah perjalanan dan administrasi tiket ke Jewel Changi 15 menit, maka aku akan mulai explore di sana jam 11.45 siang. Karena banyak hal yang bisa dilihat, aku akan menghabiskan waktu di Jewel Changi selama satu jam kemudian aku akan menuju hotel untuk check-in, yang mana membutuhkan kurang lebih satu jam perjalanan hingga sampai di stasiun dekat hotel.

Maka:

10.00-11.00    |    Arrival dan imigrasi    |    Menyiapkan passport, tiket pesawat, tiket hotel.

11.00-11.30    |    Membeli simcard dan EZ-link    |    Menyiapkan passport.

11.30-11.45    |    Goes to Jewel Changi    |    Transport via jalan kaki.

11.45-12.45    |    Explore Jewel Changi     |    Adm. fee USD3.

12.45-14.00    |    Goes to hotel    |    Via Changi Airport MRT to Lavender MRT rute East West Line*

14.00-14.05    |    Check in    |    Menyiapkan passport dan bukti tiket hotel.

... dst.

*Biasanya kalau aku, setiap pakai transportasi umum akan kujabarkan rutenya dari mana kemana dan biaya MRT nya berapa. Semua itu bisa kita dapatkan di internet kok jadi nggak perlu khawatir kalau nggak bisa kira-kira.

Oh ya! Dalam itinerary, aku juga tambahkan biaya dalam mata uang negara tersebut dan currency ke Rupiah seperti tiket masuk destinasi, tiket MRT, dll. Ini juga bisa memudahkan kalian buat nyusun budget, jadi tau berapa sih kira-kira biaya yang bakal dialokasikan untuk keliling destinasi.

Saat menyusun detail seperti di atas, kalian bakal lebih ada pandangan, "Eh ternyata dalam satu hari itu aku cuman bisa ke empat tempat" atau "Ternyata destinasi ini nggak cukup waktunya kalau ditaruh di hari pertama, enaknya di hari kedua."

Nah itulah tujuan aku dalam membuat itinerary karena nggak mau juga kan waktu singkat liburan tapi cuman ke destinasi itu-itu aja.

--

Kok kayaknya ribet ya?

Selain aku orang yang super duper harus terencana, aku mikirnya gini. Kan kita ke kota/negara orang ya, nggak tau nih di sana bakal terjadi seperti apa, termasuk nggak mau ditipu orang lokal juga. Nah maka dari itu aku bikin itinerary dengan detail seperti di atas. Bisa aja pas sampai sana, sulit nemukan kartu sim jadi nggak bisa browsing dulu. Tapi karena ada itinerary super detail, aku jadi tau kemana aku akan pergi tanpa bantuan internet.

Tapi tentunya nggak semua orang bakal bikin itinerary kayak gini, kalau kalian hanya cukup punya itinerary seperti di Sheet 1 ya udah nggak masalah juga toh sebenernya rencana perjalanan itu kan buat kita sendiri. Ya bikin yang paling memudahkan kita ☺️

Buat diriku sendiri, selama nyusun itinerary aku seneng banget sih malah jadi semakin excited. Aku juga jadi lebih tau kira-kira kegiatanku di sana apa aja dan paling penting ada bayangan seperti apa destinasinya.

--

Aku coba kasih salah satu contoh itinerary yang aku buat sewaktu mau pergi ke Malaysia ya! Silahkan klik di bawah ini :)

Klik di sini untuk contoh Malaysia Itinerary by @alviniagutomo

You Might Also Like

0 komentar