TIPS MENGHADAPI UN

7:07 pm

Ujian Nasional atau yang biasanya kita singkat UN itu merupakan ajang pencarian bakat untuk kemampuan diri. Nah! Saat itulah hasil belajar kalian-kalian pada dievaluasi. Kagak usah grogi waktu ngehadepin UN. Nih, saya punya tips yang bisa kalian ikutin (terserah sih mau ikutin apa kagak) untuk mengahapi UN:
  1. Berdoalah pada Tuhan YME dan Mohon Restu kepada Orang Tua. Setiap keberhasilan pasti ada keikutsertaan Sang Pencipta di dalamnya. Berdoalah kalian-kalian ini agar diberi kemudahan dalam menghadapi UN nantinya. Selain itu, jadikan UN sebagai "ajang" untuk mempersembahakan yang terbaik kepada orang tua terChiieNtha! *bodoh amat alay* So, mintalah restu pada sang mertua orang tua sebelum UN agar diberi kemudahan dan kelancaran.
  2. Perbanyak Latihan Soal. Berlatih mengerjakan soal akan membuat kalian terbiasa menghadapi berbagai macam soal. Dengan sering berlatih, penguasaan terhadap materi semakin baik. Kalian nggak akan ngerasa cemas ataupun grogi dalam mengerjakan soal UN.
  3. Belajar Kelompok. Lewat belajar kelompok, kalian bisa saling sharing dengan teman kalian yang lain dalam memecahkan soal dan bisa saling menguatkan motivasi belajar kalian! Manfaatkanlah waktu yang kalian punya dengan belajar kelompok.
  4. Biasakan Bersikap Jujur dan Sportif. UN itu "ajang" yang sangat prestisius. Nah mati lo bahasa gua! Tidak mengherankan kalau ada yang melakukan tindakan tidak terpuji dalam pelaksanaan UN. Contoh nih ya, membeli bocoran soal atau juga ngelakuin kecurangan saat UN. Hindarilah tindakan-tindakan seperti itu. Bersikaplah jujur dan sportif, niscaya Tuhan akan memberikan kemudahan.
  5. Hindari Belajar "SKS". Belajarlah jauh-jauh hari sebelum hari UN tiba. Jangan menggunakan "SKS" atau Sistem Kebut Semalam. Seharusnya pada hari-hari mendekati UN, badan dan pikiran harus rileks. Jaga kondis tubuh kalian dengan makan makanan yang bergizi dan beristirahat yang cukup :)
  6. Hindari Kegiatan yang Bisa Mengganggu Konsentrasi Belajar. Untuk sementara, tinggalin dulu deh kegiatan/kesenangan/hobi kalia yang bisa mengganggu konsentrasi belajar kalian, seperti main PS, chatting di internet, dan nonton TV yang berlebihan.
 Okay! Itu tadi sedikit tips dari saya. Boleh diikutin, boleh nggak. Terserah kalian aja sih. Tapi, sebaiknya coba aja deh semoga bisa membantu :)
Semoga UN kalian semua sukses yaaaa :) amin

You Might Also Like

0 komentar