Penilaian SNMPTN 2013

9:58 pm

Buat yang se-angkatan sama aku (2010), aku mau bagi-bagi duit info nih buat prepare SNMPTN 2013 :)
Nih ------->> (Baca dengan teliti yaaa)

Penilaian SNMPTN Undangan

Ada beberapa hal yang dijadikan penilaian di SNMPTN Undangan. Perlu dicatat bahwa: Penilaian adalah otoritas masing-masing kampus dan penilaian secara rincinya tidak diumumkan. Hanya garis-garis besarnya saja yang dipublish. Berikut ini beberapa kriteria penilaian yang secara umum digunakan, jadi mungkin aja gak semuanya kriteria yang aku tulis ini diperhatikan, atau mungkin cuma beberapa aja.
  1. Nilai raport. Secara keseluruhan di SNMPTN undangan, nilai raport yang di UN kan yang dijadikan acuan pemeringkatan untuk bandingin si A dan B, maka secara umum lihat nilai total.
  2. Nilai per mata pelajaran. Misalnya si A dan si B ambil Sosiologi di kampus yg sama. Secara peringkat si A kalah, tapi nilai Sosiologi si A lebih baik dari si B, maka si A tetep bisa bersaing dengan si B. Prefer yang mana? Itu keputusan masing-masing kampus.
  3. Konsistensi. Kalo tahun lalu, konsistensi menjadi syarat. Misal, pada sekolah akreditasi A bisa ngirim 50% siswa terbaik dan harus konsisten. Konsisten disini adalah yang gak pernah keluar rank 50% selama semester 3-5. Jadi, tiap sekolah biasanya gak sampe ngirim 50%-nya. Itu aturan konsisten oleh panitia SNMPTN. Kalo konsisten ketika penilaian oleh kampusnya, itu beda-beda dan gak diketahui seberapa penting dan pengukurannya gimana. Menurut pengalaman, ada juga yang semester 5 nilainya jatuh, diterima di FH UI. Jadi, ukuran konsistensi tergantung masing-masing kampus.
  4. Prestasi di luar kelas. Kamu dapat melampirkan (maksimal 3) prestasi terbaikmu. Nanti piagam/sertifikat di scan trus upload ke panitia ketika daftar.
  5. Akreditasi/Prestasi Sekolah. Prestasi sekolah di ajang kompetisi-kompetisi juga bisa menjadi pertimbangan. Seperti sering menang olimpiade-olimpiade atau lomba-lomba lain. Otomatis alumni sekolah tersebut juga akan terangkat namanya. 
  6. Prioritas pilihan jurusan. Bedasarkan survey tahun 2012 (1300-an responden), 92% yang diterima Undangan diterima di kampus pilihan I (baik jurusan pertama atau kedua). Jadi, mesti diperhatikan urutannya juga. Kalo bisa yang realistis, tinggi boleh, tapi jangan terlalu.
  7. Jumlah Alumni. Jumlah alumni SMA mu yang kuliah di PTN yang kamu daftarin juga menjadi pertimbangan. Semakin banyak tentu makin bagus.
  8. IPK/Prestasi Alumni. Jika alumni SMA mu punya prestasi bagus, tentu itu akan membuat PTN itu yakin terhadap kualitas siswa/i di sekolahmu.
  9. Pengembangan SDM Daerah. Beberapa PTN memberi jatah daerah-daerah tertentu yang kekurangan SDM. Terutama jurusan-jurusan yang menyangkut kesejahteraan masyarakat, seperti dokter. Karena nanti setelah lulus diharapkan bisa kembali dan meningkatkan kesejahteraan daerah asalnya.
  10. Aturan Khusus tiap PTN. Aturan dari kampus perlu diperhatikan, terutama tentang "Lintas Jurusan" dan "Surat Pernyataan Kesediaan Membayar". Tahun 2012, beberapa kampus membolehkan lintas jurusan (misal anak IPA milih jurusan IPS), namun ada juga yang gak boleh. Beberapa PTN juga mensyaratkan surat kesediaan membayar, misal UGM dan ITB. Bila gak ngirim bisa kena biaya mahal atau malah bisa juga tidak diproses (di UGM). 
Nah itu dia diary infonya. Jadi, saran nih, mulai dari sekarang pikir yang bener kalian bakal mau ngelanjutin kemana. Jangan sampe salah pilih. Oke??!
Semoga info dari ku bermanfaat dan semoga kita semua LULUS UN, LULUS SNMPTN! Amin.

You Might Also Like

0 komentar